Tentang ICIP

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya—sebanyak 85%—memeluk agama Islam. Namun demikian, komunitas agama lain yang cukup besar juga hadir di Indonesia. Selain itu, di dalam agama Islam pun terjadi perbedaan dalam ekspresi keagamaan antara kelompok-kelompok muslim. Keadaan tersebut mengakibatkan Islam di Indonesia cenderung bersifat terbuka, toleran dan moderat.

Namun dalam sepuluh tahun terakhir ini, pemahaman dan kelompok Islam yang bercorak lebih konservatif dan radikal mulai hadir di Indonesia dan negara muslim yang lain. Ciri khas pemahaman dan kelompok tersebut adalah bahwa mereka bersifat eksklusif dan tidak menerima perbedaan pemahaman dalam masyarakat Indonesia pada umumnya maupun dalam umat Islam khususnya. Walaupun jumlah kelompok ini sebenarnya kecil, mereka telah menjadi sorotan utama media internasional selama beberapa tahun terakhir, terutama setelah terjadinya peristiwa 11 September. Kemunculan kelompok ini telah mengancam citra Indonesia sebagai masyarakat muslim yang terbuka, toleran dan moderat.

Menanggapi perkembangan tersebut, Indonesian Center for Islam and Pluralism (ICIP) didirikan pada tahun 2003 sebagai lembaga untuk menghubungkan para aktivis Islam progresif moderat di Indonesia dan di kawasan Asia. Para aktivis tersebut berpegang kuat pada nilai-nilai pluralisme yang memperjuangkan penghargaan atas perbedaan, baik dalam arti perbedaan antara kelompok beragama, etnis atau sosial yang berbeda, maupun dalam arti perbedaan pemahaman dalam satu agama. Diharapkan dengan mendirikan jaringan ini, para aktivis Islam progresif moderat akan lebih mampu melawan jaringan konservatif radikal yang sudah berada di Indonesia dan di kawasan Asia.

Tujuan

ICIP bertujuan membangun sebuah jaringan antar lembaga swadaya masyarakat (LSM) Islam dan para aktivis atau intelektual muslim progresif-moderat di Indonesia dan akhirnya di seluruh dunia.

chalkboard-teacher

Seminar & Lokakarya

Mengundang pakar untuk membahas isu-isu terkait hubungan Islam dengan demokrasi, HAM dan pluralisme.

map-marked-alt

Kunjungan Belajar

Mengunjungi sejumlah lembaga muslim yang progresif-moderat yang merupakan ciri khas masyarakata Indonesia.

Pertukaran

Bertukar gagasan dan pengalaman mengenai Islam dan pluralisme di berbagai daerah.

Penelitian

Melakukan penelitian terkait isu-isu pluralisme dan Islam di Indonesia.

Penerbitan

Menerbitkan hasil penelitian terkait isu-isu pluralisme dan Islam di Indonesia.

Pemberdayaan Masyarakat

Mengembangkan keterampilan masyarakat muslim di Indonesia untuk menghadapi tantangan global.

Dr. Phil. Syafiq Hasyim

Dr. Phil. Syafiq Hasyim

Direktur Senior

Farinia Fianto, MA

Farinia Fianto, MA

Direktur Pelaksana

Fahmi Syahirul Alim

Fahmi Syahirul Alim

Manajer Program

Rahmat Kurniawan

Rahmat Kurniawan

Staf IT

Hanafi

Hanafi

Staf Operasional

Kami

Alamat

Ruko Plaza Ciputat Mas Blok C Kav G – H,
Jl. Ir. H Juanda No. 5A, Rempoa, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15121

Telepon

+62 21 74706239

Email

kantor@icip.or.id