Modul Panduan Pendidikan Politik melalui Literasi Informasi & Media bagi Generasi Muda

Buku-Panduan-Pendidikan-Politik-melalui-Literasi-Informasi-&-Media-bagi-Generasi-Muda
Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp

Pendidikan politik bukanlah hal yang baru namun menjadi sebuah hal yang krusial untuk terus dihadirkan. Sejarah memperlihatkan bahwa perjalanan bangsa Indonesia mulai dari kelahirannya sampai sekarang mengalami dinamika dan kontestasi kekuasaan dan politik yang luar biasa bahkan menorehkan berbagai konflik dan tragedi yang menimbulkan korban jiwa. Terlebih sekarang ini memasuki era Revolusi Industri 4.0 di mana teknologi digital menimbulkan efek dan dampak yang luar biasa dalam mengubah tatanan kehidupan di hampir semua negara tanpa terkecuali.

Derasnya informasi melalui teknologi digital seperti gawai dan komputer tak ayal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan paradigma dan perilaku seorang individu dalam menyikap apapun di dalam hidupnya. Namun sayangnya perkembangan teknologi yang luar biasa cepat ini tidak dibarengi dengan kecakapan literasi individu dalam mengakses, menerima, mencerna, menyaring dan menyerap informasi yang diterimanya dengan kritis dan empatik. Alhasil, banyak yang terjebak kepada isu-isu yang kebenarannya diragukan terlebih banyak yang menggiring kepada kebencian yang membuat polarisasi di kalangan masyarakat.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir fenomena fake news (berita palsu), hoax (fitnah), hate speech (ujaran kebencian) dan hate spin (pelintiran kebencian) marak terjadi terutama di media sosial. Fenomena ini mencuat terutama di ranah politik di mana implikasinya sangat meresahkan dan berpotensi kepada perpecahan dan konflik terutama konflik horizontal. Sejumlah kasus intoleransi meningkat terutama di beberapa daerah dan jika hal ini tidak ditangani dan antisipasi secara serius dan seksama maka akan mengancam kebinekaan dan tentu saja persatuan dan kesatuan bangsa.

Menjelang tahun 2019 di mana Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum legislatif dan eksekutif merupakan momen penting untuk ICIP mewujudkan gagasan mengenai pendidikan politik melalui literasi informasi dan media kepada pemuda khususnya mereka yang aktif berkecimpung di organisasi kemasyarakatan. Program ini akan membekali para kelompok sasaran sebagai agen berpengaruh (agent of influence) sekaligus agen perubahan (agent of change) kecakapan teknis mengenai literasi khususnya literasi informasi dan media dengan memanfaatkan keunggulan teknologi digital.

ICIP bekerja sama dengan Yayasan TIFA menyelenggarakan program Pendidikan Politik melalui Literasi Informasi dan Media bagi pemuda lintas agama di Jawa Barat sebagai bagian dari komitmen dan usaha untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman tentang kebinekaan dan kemajemukan lintas agama dan budaya di Nusantara. Salah satu rangkaian kegiatan pendidikan politik adalah membuat panduan pendidikan politik yang praktis namun padat yang berisi tentang politik dan mekanismenya, serta pentingnya literasi informasi dan media sebagai instrumen pokok dalam menentukan pola pikir, perilaku dan karakter individu dan masyarakat.

Panduan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang sahih mengenai pendidikan politik terutama bagi generasi muda termasuk generasi milenial dan generasi Z. Selain itu menekankan kepada aspek pendidikan politik, modul ini juga memberikan panduan dalam menerima dan mengakses informasi terkait politik serta melakukan verifikasi dan analisa muatan informasi agar tidak terjebak di dalam fenomena hoax, ujaran kebencian dan pelintiran kebencian yang mengakibatkan polarisasi di masyarakat yang berujung kepada potensi perpecahan dan konflik. Semoga dengan hadirnya modul ini dapat memberikan kontribusi berarti bagi masyarakat khususnya generasi milenial agar dapat berpartisipasi aktif dan langsung dalam politik untuk perubahan menuju Indonesia yang lebih baik.

Unduh Buku Panduan Pendidikan Politik melalui Literasi Informasi & Media bagi Generasi Muda

Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp

Juga