Marak Isu Perpecahan, ICIP Deklarasi Millennials Anti Hate Speech

Seminar-bertajuk-Deklarasi-Milenial-Anti-Hate-Speech-di-Gedung-Perpustakaan-Universitas-Telkom
Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Fahmi Syahirul Alim

Fahmi Syahirul Alim

Manajer Program ICIP, kader muda Muhammadiyah, delegasi Pertukaran Tokoh Pemuda Muslim Indonesia Australia 2017.

Bandung—Maraknya isu perpecahan di masyarakat di Pemilu 2019, menimbulkan keprihatinan Indonesian Center for Islam and Pluralism (ICIP).

Salah satu cara antisipasinya dengan menggelar seminar bertajuk Deklarasi Millenials Anti Hate Speech di Gedung Perpustakaan Universitas Telkom, Kabupaten Bandung, Senin (15/4/2019).

Direktur Pelaksana ICIP, Farina Fianto mengatakan seminar tersebut diadakan atas dasar keprihatinan ICIP terhadap maraknya isu perpecahan di masyarakat dalam menanggapi pemilu.

“Sebuah usaha dari kami atas keprihatinan terhadap maraknya isu mengenai ujaran kebencian dan hoaks yang beredar di masyarakat, sehingga merubah pola pikir masyarakat melihat keberagaman,” ungkap Farina kepada bipol.co.

Acara seminar yang berkerja sama dengan Tifa Foundation, Universitas Telkom, dan Open Library Telkom tersebut menjadi salah satu cara ICIP dalam mengaplikasikan undang-undang dan pancasila.

“Ini salah satu usaha kami dalam mempertahankan keberagaman melalui nilai nilai yang digulirkan oleh pendiri bangsa melalui undang-undang dan Pancasila.”

Menurut Farina, audiens yang menghadiri acara tersebut merupakan mahasiswa atau generasi milenial dari berbagai kampus di Jawa Barat. “Maka dalam seminar ini, materi yang di sampaikan mengenai Pendidikan politik, mengantisipasi ujaran kebencian, dan toleransi perbedaan.”

Tidak hanya seminar, seluruh audiens mendeklarasikan Anti Hate Speech di akhir acara.

Farina berharap, setelah diadakannya seminar tersebut generasi milenial dapat lebih kritis dan bijak dalam menghadapi Pemilu 2019, dan mempunyai jiwa toleran terhadap keberagaman.

Sumber: Bipol

Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp