Himpunan Mahasiswa PUI Tasikmalaya Adakan Seminar Pendidikan Politik melalui Literasi Informasi Media

Himpunan-Mahasiswa-PUI-Mengadakan-Seminar-Pendidikan-Politik-melalui-Literasi-Informasi-Media
Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp

Tasikmalaya—Himpunan Mahasiswa Persatuan Umat Islam Cabang Tasikmalaya, atau sering dikenal dengan HIMA PUI, sukses melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) pasca mengikuti Pelatihan Pendidikan Politik melalui Literasi Informasi dan Media Untuk Generasi Milenial Lintas Agama di Jawa Barat yang diadakan oleh ICIP atas dukungan dari Tifa Foundation dan Perpustakaan Terbuka Universitas Telkom pada tanggal 13 – 16 November 2018 di Bandung Jawa Barat.

RTL yang dilaksanakan oleh Hima PUI adalah Seminar Pendidikan Organisasi Bagi Generasi Milenial; dengan tema “Terbentuknya Kader Pelajar yang Intelek terhadap Pendidikan Politik melalui Literasi Informasi dan Media”. Seminar tersebut diadakan pada tanggal 17 Desember 2018 di Aula Madrasah Aliyah (MA) Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Seminar tersebut diikuti oleh para pelajar dan para pengurus Hima PUI es-Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Yudi Supriadi selaku Ketua Hima PUI mengatakan bahwa seminar ini adalah langkah nyata Hima PUI dalam melaksanakan RTL dari Pelatihan ICIP, sekaligus kepedulian Hima PUI terhadap kondisi bangsa sekarang terutama menghadapi tahun politik. “Bagi kami ini merupakan suatu kebanggaan dapat melaksanakan kegiatan ini, kegiatan ini merupakan implementasi RTL setelah mengikuti acara Pelatihan yang diadakan oleh ICIP pada bulan kemarin, kami haturkan terima kasih kepada pihak sekolah dan para pengurus Hima PUI dan para senior di jajaran Pimpinan Daerah PUI Tasikmalaya yang telah mendukung acara ini.” Ujar Yudi dalam sambutannya.

Dalam acara yang dihadiri oleh Dewan Syuro Pimpinan Daerah PUI Tasikmalaya juga merupakan Kepala Sekolah MA Sukaraja, Bapak Iman Nurzaman dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai pengurus PUI juga merupakan Kepala Sekolah MA Sukaraja ia akan selalu siap mendukung kegiatan yang bersifat positif bagi generasi muda, khususnya generasi muda PUI. “ ini acara yang bagus, Anak muda harus terus bergerak, melakukan aksi nyata dan berkontribusi bagi bangsa ini, makanya kita dukung walaupun dengan kondisi seadanya, semoga bisa memberi manfaat dan mencerahkan generasi muda” Ujar Iman dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut hadir sebagai narasumber Dani Setiawan, Dosen FISIP UIN Jakarta dan Fahmi Syahirul Alim selaku manajer program ICIP. Sebagai salah satu pengajar di FISIP UIN Jakarta Dani Setiawan mengatakan bahwa anak muda harus melek politik dan anak muda harus mampu menciptakan perubahan, terutama generasi milenial sebagai harapan bangsa ke depan. ”Anak muda jangan apatis dan anti pati terhadap politik, karena politik sangat berperan dalam kehidupan kita” ujar Dani. Adapun dalam materinya Fahmi menyampaikan anak muda harus meningkatkan kapasitas literasinya, terutama di tahun politik di mana berita hoaks dan ujaran kebencian berseliweran di dunia maya. “Hoaks dan ujaran kebencian di media sosial harus dilawan oleh generasi milenial, karena kalianlah yang paling dekat dengan gawai (gadget), anak muda harus memberikan pengalaman dan pengetahuannya kepada yang lain, karena rekan kita bahkan mungkin orang tua kita masih terpapar berita hoaks dan berita provokatif yang bisa memecah belah bangsa, anak muda harus beraksi dan berkolaborasi memerangi berita hoaks dan ujaran kebencian”, ujar Fahmi.

Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp