Experts Meeting untuk Penguatan Kapasitas Kalangan Milenial Lintas Agama melalui Literasi Informasi dan Media dalam rangka Pendidikan Politik

Expert-Meeting-untuk-Penguatan-Penguatan-Kapasitas-Kalangan-Milenial-Lintas-Agama-melalui-Literasi-Informasi-dan-Media-dalam-rangka-Pendidikan-Politik
Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp
Fahmi Syahirul Alim

Fahmi Syahirul Alim

Manajer Program ICIP, kader muda Muhammadiyah, delegasi Pertukaran Tokoh Pemuda Muslim Indonesia Australia 2017.

ICIP mengadakan kegiatan Workshop dengan Para Ahli (Experts Meeting) yang diadakan pada tanggal 1 – 2 Septembexper 2018 di Hotel Santika Premiere Bintaro Kota Tangerang Selatan. Tujuan utama dari workshop ini adalah, pertama, strategi pelaksanaan proyek untuk satu tahun ke depan. kedua, cara mengevaluasi program dan yang ketiga adalah penyusunan modul.

Dalam workshop ini ICIP mengundang 7 (tujuh) orang yang terdiri dari kalangan ahli dan perwakilan dari kelompok target. Sejumlah narasumber di antaranya memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang pendidikan politik, literasi media dan informasi, pegiat digital, tokoh pemuda dari kalangan organisasi agama. Adapun 7 (tujuh) peserta ahli yang kami undang dalam acara tersebut adalah: (1) Dr. M. Hasan Anshori, dosen politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga merupakan Peneliti Senior di The Habibie Centre; (2) Savic Ali, adalah direktur NU.or.id dan pendiri situs Islami.co juga salah satu pegiat media sosial; (3) Arman Dhani adalah seorang campaign manager di Geotimes sebuah portal kolom populer di Indonesia, juga merupakan pegiat media sosial; (4) Dr. Latief Awaluddin, adalah pengurus Ormas Persis (Persatuan Islam) juga merupakan Dosen di STAI Persis Bandung, dan mantan ketua Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persis. (5); Eko Praptanto adalah salah satu pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) perwakilan Agama Katolik, seorang penulis dan penggerak perdamaian dan kerukunan di Kampung Sawah, Bekasi Jawa Barat; (6) Yendra Budiana adalah Juru Bicara sekaligus Pengurus Pusat Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI); (7) Panji Haryadi adalah editor dan social media publisher di IslamIndonesia.id juga merupakan pengurus Ikatan Jamaah Ahlul Bait (IJABI) di Bandung Jawa Barat.

Workshop para ahli dan perwakilan kelompok target tersebut menghasilkan sejumlah rekomendasi berupa strategi, metode dan pendekatan bagi ICIP dalam melaksanakan proyek satu tahun ke depan. Kunci keberhasilan pelaksanaan program adalah ICIP harus melakukan asesmen sebagai bagian dari persiapan awal. Asesmen diperlukan untuk mengidentifikasi potensi, isyu, tantangan dan antisipasi serta solusi bagi implementasi ke depan. Selain itu pendekatan kepada jaringan dan kelompok target juga sangat penting dan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan di lapangan. Kunci lain adalah sumber daya manusia (SDM) yang terlibat di dalam program.

Perekrutan SDM yang memiliki pengetahuan, sikap dan pengalaman di bidang pengembangan komunitas terutama generasi muda, pengetahuan dan pengalaman yang handal di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di mana internet dan media sosial ada di dalamnya. Selain itu pengetahuan dan pengalaman tentang seluk beluk media juga sangat penting di dalam merekrut SDM. Komitmen dan motivasi juga menjadi sangat penting bagi perekrutan peserta pelatihan yang akan menjadi agen berpengaruh (agent of influence) baik itu di dalam organisasinya maupun di masyarakat sekitarnya.

Dalam experts meeting tersebut, para peserta ahli merekomendasikan sejumlah organisasi yang memiliki latar belakang kepemudaan dari basis organisasi agama. Pendekatan dan perekrutan sejumlah organisasi dinilai sangat penting dan menentukan keberhasilan program. ICIP menyasar sejumlah organisasi yang dianggap dapat menjadi agen berpengaruh sekaligus agen perubahan (agent of change) di masyarakat melalui kader-kader mudanya.

Share on facebook
Share on google
Share on pinterest
Share on twitter
Share on whatsapp